Selamat datang

Minggu, 19 Juli 2015

 04.24      No comments
Indonesia yang saat ini sedang menghadapi krisis moral mungkin bukan topik baru ya gan.  Kalau dipikir-pikir, acara-acara di televisi memiliki andil yang besar untuk membentuk pola pikir masyarakat. Sayangnya, kita tahu sendiri bagaimana kualitas berbagai program TV di berbagai chanel lokal kita. Mendidik? Mungkin ada, tapi hanya segelintir saja. Program TV kini hanya berorientasi pada rating-rating, dan rating saja. Semakin tinggi rating, semakin sering program tersebut ditayangkan dan tak lama kemudian program serupa dengan nama yang berbeda namun dengan konsep yang hampir mirip pasti muncul di stasiun TV lain. Padahal belum tentu program yang ditayangkan tersebut dapat memberikan faedah kepada pemirsanya. Tapi yang disayangkan, demi rating itu kadang kualitas program tersebut tidak terlalu dinomor-satukan. Yang ane maksud kualitas di sini adalah dampak yang ditimbulkan ke masyarakat luas. Berikut contoh ilustrasi betapa memprihatinkannya program pertelevisian di negeri ini.


Quote:1. Program Reality Show yang Dibuat-buat
Spoiler for miris:
[img[/img]


Dulu ane punya teman seorang juru masak yang pernah kerja di sebuah resto di Aceh, gan. Dia cerita kalau dulu resto tempat dia kerja itu pernah dijadikan lokasi shooting buat reality show Terme*ek-me*ek (jangan ngeres ente gan ) dan memang semua cerita dalam reality show tersebut adalah REKAYASA. Para pengunjung yang sedang makan di situ malah diminta buat akting terkejut gitu pas adegan perselingkuhan si istri ketahuan sama suaminya.  Jadi, kalau ada program reality show yang sediiihhh atau ngeselin banget sampai bikin agan nangis dan marah, mending agan cepetan hapus tuh air mata, dan redakan emosi. Pertanyakan dulu apakah adegan yang disuguhkan memang nyata atau hanya rekayasa? Nggak mau kan, menguras energi agan demi adegan yang sebenarnya hanya dibuat-buat? 

Quote:2. Mempermalukan Orang Lain dengan Iming-Iming Uang
Spoiler for miris:
[img][/img]


Kalau ini mungkin sering agan temui di acara musik pagi yang slogannya "lalalayeyeye" itu gan. Jadi buat dapetin uang, acara tersebut mengharuskan peserta untuk berdandan seaneh dan semeriah mungkin, lalu saat ada penyanyi mereka harus heboh jogetnya biar diperhatikan oleh host-nya. Agan tahu sendiri kebanyakan pesertanya pasti Ibu-Ibu, dan sedihnya, alasan mereka mau bedandan seperti itu supaya dapat uang dan bisa membelikan anaknya sepatu, atau buku tulis, atau untuk makan keluarga.  Jujur kalau ane, gak bakal ane biarin emak ane sampai melakukan hal kayak gitu, dipermalukan dan ditonton berjuta-juta pemirsa Indonesia demi beliin ane ini-itu. Mending ane ke sekolah pakai sepatu butut daripada lihat emak ane kayak gitu gan.  Tapi anehnya tiap pagi masih adaaaa aja emak-emak yang mau berdandan kayak gitu. Yang ane pertanyakan apakah anak-anak mereka di rumah tega lihat Ibunya sampai ngelakuin hal kayak gitu demi mereka? Dan konyolnya, acara TV yang memfasilitasi acara tersebut apa enggak punya ide lain supaya emak-emak ini bisa tetap dapat duit tanpa harus dandan aneh dan joget-joget? Kehabisan kreatifitas atau cari rating doang???


Quote:3. Mau Dimaki-maki asal Dibayar
Spoiler for miris:
[img][/img]


Kalau ini mungkin udah nggak asing sama agan-agan semua. Asal dibayar plus masuk TV, penonton rela dimaki-maki, dihina, diejek-ejek. Dan yang mereka lakukan ya ketawa aja. Yang ane pertanyakan apa sudah serendah itu kesadaran akan harga diri di kalangan generasi muda kita?  Secara nggak langsung, para penonton bayaran ini malah menyuburkan program TV yang host-nya bebas memaki-maki itu sehingga tetap ramai dan tetap ditonton banyak orang.  yang lebih miris lagi, apa program-program TV serupa nggak bisa membuat penonton datang dengan sukarela? Terbukti acara-acara TV ini masih harus dipertanyakan kualitasnya.


Quote: 4. Acara Komedi yang Nggak Ada Lucu-Lucunya
Spoiler for miris:
[img][/img]


Saking nggak lucunya, para pelawak sampai menggunakan tepung, kue tart, telor, bedak, bahkan properti lain untuk mengerjai rekan pelawak yang lain. Sedih ya, padahal masih banyak masyarakat kita yang kelaparan, tapi di acara seperti ini bahan makanan dibuang-buang. Banyak masyarakat kita yang belum pernah dan ingin sekali mencoba enaknya kue tart, tapi di acara seperti ini malah ditemplokin ke muka orang. Bayangkan bagaimana perasaan mereka yang untuk makan sehari-hari aja susah ketika melihat adegan seperti begitu gan? Komedi di acara TV seperti ini tujuannya bukan lagi untuk menghibur, tapi untuk mendiskreditkan rasa kemanusiaan dan empati. Mengajarkan kekerasan verbal kepada para penontonnya juga.


Quote: 5. Kini Memaki adalah Hal yang Biasa
Spoiler for miris:
[img][/img]


Berhubungan sama poin ke-3 dan ke-4 nih gan. Sekarang memaki orang rasanya gampang sekali, ditayangkan di TV pula. Mungkin karena kehabisan bahan lawakan berkualitas lagi.
Quote:


Quote: 6. Sinetron yang Mendegradasi Moral
Spoiler for miris:
[img][/img]


Sinetron seperti ini pasti banyak kita jumpai di berbagai stasiun TV. Alurnya nggak jelas, Pesan moralnya nggak ada, tokoh antagonisnya jahat banget, tokoh protagonisnya cuma bisa nangis saat dijahatin, dst... dst. Tapi yang mencengangkan sinetron masih menjadi acara nomer satu yang menjadi pilihan mengisi waktu luang, sementara agan semua tahu kalau jam tayang sinetron masih memungkinkan untuk ditonton oleh anak-anak dan ABG labil. Makannya jangan heran ketika melihat anak-anak SD dandanannya sudah terlampau dewasa, anak-anak SMP berani ngebully temannya sendiri, dan anak-anak ini sudah pacaran di usia yang masih belia.


Quote: 7. Acara Gosip yang Mendidik Pemirsanya jadi Suka Bergunjing
Spoiler for miris:
[img][/img]


Jujur, sejak dulu ane paling males nonton acara gosip. Tapi banyak orang lain yang suka. Iya kalau bahan gosipnya nyata, kalau hanya sensasi supaya yang digosipnya makin terkenal? Di Indonesia, seseorang tidak perlu punya prestasi kalau mau jadi terkenal. Cukup terlibat di sebuah skandal dan tara...! Acara-acara gosip akan berlomba-lomba memfasilitasi orang tersebut supaya lebih terkenal.


Quote:Berikut pendapat dari si pembuat komik-komik di atas soal industri pertelevisian negeri ini.
Quote:Disadari atau tidak, inilah tontonan hiburan yang mengisi hari-hari kita, sekaligus tuntunan moral bagi putra-putri kita. Maaf, karena gambar ini saya buat sekadar lucu-lucuan, jadi mohon menyikapinya jangan dibawa serius. Hehehe.. Sebagian dari kita mungkin tak mau repot, gemar menyederhanakan masalah, salah satunya dengan mengatakan : "suka, ya nonton. Gak suka, ya pindahin channel". Atau mengatakan "kuasa di tangan kita yang pegang remot, gitu aja repot". Ya itu memang solusi, tapi maaf, itu solusi jangka pendek. Okelah konten yang saya kritisi berikut dikerjakan oleh tim-tim kreatif dengan proses yang tidak mudah. Hasilnya juga menafkahi banyak orang. Tapi, bukankah naif rasanya jika hanya memikirkan nasib orang-orang dibaliknya tapi mengabaikan jutaan rakyat Indonesia yang mungkin saja resah dan sudah masuk dalam kategori muak dengan tayangan-tayangan yang kebanyakan pembodohan massif tersebut? Yang perlu diingat, televisi memancar melalui frekuensi dengan sumber daya terbatas, ada tanggung jawab dan kode etik yang mengikut. Jadi jawaban "pindah channel" juga sebenarnya kurang tepat. Permasalahannya tidak sesimpel suka gak suka atau pindah channel. Kalo tak empati masalah ini, niscaya kita cenderung jadi masyarakat yang permisif dan oke-oke saja menerima budaya merusak, membiarkan anak-anak kita tiap hari dicekoki tontonan orang teraniaya dari segi fisik dan ucapan. Saya memang cuma bisa mengkritik lewat gambar, tak pandai membuat program tandingan. Tapi barangkali inilah secuil usaha yang saya niatkan kiranya bisa memberi andil dalam meperbaiki moral generasi, setidaknya keluarga saya sendiri sebagai orang terdekat. Tapi lagi-lagi ini kembali ke diri kita masing-masing sebagai pemirsa. Toh kritikan ini sekadar pendapat subyektif saya, dan bagaimanapun pendapat manusia bukanlah ayat ilahi yang tak bisa disangkal kebenarannya. Orang yg berpikir, niscaya tau mana yang lebih mendatangkan manfaat ataupun mudharat. *lah, kok malah saya yang bawa serius?* haha..  
Sumber :  kaskus dot com

Regards : Admin  Bambang
 

0 komentar:

Posting Komentar

Notice

DI Larang Keras Comment dengan Kata-Kata Kasar atau berbau Porno,Maka Kami akan menindak dengan Keras!

pasang iklan mu di sini

go to www.loogix.com

Translate

Like FanPage Kami

Popular Posts

Date And Time

Arsip dan Kumpulan Berita


101.Coming Soon!

100. 40 Tahun Bajaj Jakarta

99.Modus Penipuan Baru Transfer Via ATM/Internet Banking Tanpa Kita Sadari

98.7 Tipe Karyawan yang Dibenci Atasan.

97.Membuat Handphone Proyektor Biayanya bahkan hampir"GRATIS"

96.Software yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Masuk Dunia Kerja.

95. Genre Anime Berserta Penjelasanya

94. Lima Alasan Blackbox AirAsia QZ8501 Harus Ditemukan

93.Ini Karakter Yang Akan Muncul Di Stand By Me Doraemon

92.[Keren] Burung-Burung Ini Terbuat Dari Lego.

91.Tukang Kayu Peniru Buggati Asal Jawa Ini Ramai Di Beritakan.

90.[ IMUT + LUCU ] 25 Anime Tahun 90-an Terfavorit di hari minggu.


89.[UNIK] Yang Harus Diperhatikan Saa Naik Kereta Api di Jepang.

88. Pengendara Motor Yang Tak Menggunakan Helm SNI

87. Cara Sehat Menggemukan Badan

86.Penampakan Hewan Hewan Kecil Setelah Di Perbesar yang ada di sekitar Manusia

85.Cek Tagihan PLN ONLINE

84. 9 Komik Terbaik Indonesia

83.Foto Foto Yang Menggambarkan kalau Dunia Ini Penuh Sesak.

82.Proses Pembuatan Replika Makanan

81. Suka Dukanya Menjadi Seorang Penulis / Writer

80.7 Ilmuan Indonesia " Lebih Terkenal di luar negeri"

79.Transformer Indonesia

78.10 Janji Pada Diri Sendiri Yang Sepatutnya Kamu Tepati.

77.Google Juga Perkenalkan Nexus Player

76.Pernikahan : ini 6 Alasan Wanita Semakin Enggan Untuk Menikah

75.Pebesar Bisnis Dengan Kolaborasi.

74.Nikmati Tidur di Bantal Unik, Bisa Buat Kepalamu "Bergetar" #Lho

73. Surat Terbuka untuk Wanita yang kupanggil"IBU"

72.Masa Sekolah Dasar Tahun 90an.

71.Tempat Paling Enak Buat Naik Sepeda di Jakarta

70. 7 Alasan Seseorang Menjadi Penggemar Anime Cartoon.

69. Pepaya Dapat Membuat anda Lebih Cantik, ini Langkahnya !

68.Panduan Sederhana Tentang bagaimana Cara Merawat Batu Cincin/Permata.

67.Aribixs Ciptakan Android Sakti yang bisa Melengkung.

68.Pelemahan Rupiah Terburuk di Asia.


67.Ketentuanya jual-Beli Tanah.

66.Mencoba Bis Tingkat Wisata City Tour Jakarta ?

65. Tiket Elektronik ala TransJakarta Busway

64.Bisakah 5 Cara ini diterapkan di indonesia?

63.Suka Duka Menjadi Guru

62.Mencoba Commuter Line Transportasi Umum Indonesia ( Kereta Listrik ).

61. Cara Paling Oke Biar Motor Engga Kemalingan

60. 5 Manfaat Melepas Bra Saat Tidur

59.Project Ara HandPhone PhoneBlok From Motorolla Di awal Tahun 2015

58.Rupiah Bergerak pada Level Rp.11.693 Per Dollar AS

57. Masa Depan Menurut Anak-anak : Rusaknya Alam Kalimantan.

56.Stasiun Pengisian Gas Kini ada di waduk Pluit.

55.Penyebab Dan Cara mengatasi Rambut Rontok ?

54.Tips Memilih buah Segar Dan enak untuk di konsumsi ( 6Buah yang sehat da enak DiKonsumsi )

53.Ahok : Tahun Depan ,BBM Subsidi 'Hilang di jakarta'

52.Ketua MK ancam usir keluar saksi Prabowo-Hatta.

51.Kepala Bappenas sebut kualitas pendidikan anjlok.

50.Wagub : Siswa Tidak Wajib Pakai Pakaian Betawi

49.Pemakai Jilboobs seksi karena masih ingin di kagumi pria?

48.Uang NKRI Diluncurkan 17 Agustus 2014.

47.Mr.Prabowo Bilang Kampretkah ? saat Debat Capres 2014

46. 5 Kemiripan Koruptor Dengan Tikus

45.Jadwal SIM & STNK Keliling Sabtu, 17 Mei 2014

44.Prose Pembuatan Baru,Bagi STNK yang hilang.

43.Tips agar anda bertahan hidup di kota jakarta

42.5 Langkah Awal untuk Sukses dalam KKP

41.[Share] Unsealed Charm / Generator [RF-ONLINE]

40.Prediksi Soal dan Pembahasan SMA/SMK/MA B.Indonesia & Matematika UN 2014

39.Pelajar Jaman Sekarang April 2014

38.Pemprov DKI Kaji Ubah Jam Masuk Sekolah kurangi Kemacetan

37.Payudara yang sering di remas lebih sehat dari pada yg di angurin

36.Jawaban Lembaran Tugas LTM Metode Penelitian 3 sks

35.Mahasiswi Kedokteran Lelang Keperawanan di Internet

34.WASPADALAH !!! PENGAKUAN MENGEJUTKAN ALASAN KENAPA BANYAK PENGENDARA MOTOR TEWAS TERLINDAS MOBIL TRUCK MAUPUN BIS !!

33.Beberapa Hak Penumpang Jika Pesawat Delay

32."Cinta Berujung Maut" Ade Sara Meninggal dibunuh Pasangan

31.Solusi Gagal Login ( Delphine eror ) Di COBA Dulu Gan !

30.Berapakah Gaji DPR per-bulan nya ?

29.Akibat Pergaulan Bebas Anak SMA Nekat ABORSI

28.Kekejaman terhadap polisi [VIDEO]

27.Syarat Ketentuan membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK)

26.Permainan Jaman Dulu Tahun 90-2000 an

25.Tutorial cara memasang like button facebook di blog

24.Jangan sekali-kali klik gambar ini di Facebook!

26.
Farhat tak punya pilihan capres, ingin dia jadi presiden

25.
Mau Tahu Berapa Tarif Resmi Bikin SIM? Ini Harganya

24.
Cara membuat partisi hardisk di windows 7

23.Identitas Anak Warnet

22.Sale DVD Video's JKT48 Version Anime

21.Biodata Pemesanan

20.Kumpulan Lagu Barat Galau Sedih Dan Enak Di Dengar

19.10 hal yang seorang gadis lakukan di kereta yang membuat kalian jatuh cinta

18.Panduan Agar Makanan Tidak Terkontaminasi Tikus dan Kecoa

17.BlackBerry kini nomor tiga di Indonesia, dikalahkan bintang baru Smartfren Andromax

16Video HABIB Tampar Ustadz & Sebut BAPAK IBU nya ANJING !!

15.Aiyaaa! - JK feat. Jokowi, Abraham Samad, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo...

14.Tangga Semester Versi Perkuliahan

13.Wifi ID Hack

12.Umur Windows XP hanya tinggal 95 hari lagi

11.Fenomena `Cabe-cabean`, Ini 10 Kategori Gadis Cabe-cabean

10.Kontak Jodoh kamu di sini

9.Kalender UNIK pada Tahun 2014

8.Mereka Sedang Merekam apa?

7.Merasa kesepian? Mampir aja ke Taman Jomblo di Bandung

5.Diam-diam Pertamina naikkan harga gas elpiji 12 kg

4.10 Lagu Anak-anak Terpopuler Jaman Ane SD (Thn 90-an)

3.JAKARTA 600 Kg ranjau paku terjaring di kawasan Roxy

2.Pengertian Blogroll Dan Cara Memasang Blogroll Pada Blog

1.Dapatkah seorang wanita menceraikan suaminya karena suaminya adalah Wota?

Maintenance

Comming Soon....















Get this widget!




Beberapa Artikel