PERTEMUAN 1
1. Tidak
selamanya penemuan kebenaran
ilmiah diperoleh secara
ilmiah.
Kadangkala
kebenaran dapat ditemukan melalui proses non ilmiah. Saudara
sebut dan
jelaskan 7 kebenaran
yang ditemukan melalui
proses non ilmiah
tersebut !
jawab:1. Penemuan Kebenaran secara kebetulan
Suatu peristiwa yang tidak disengaja kadang-kadang ternyata menghasilkan suatu kebenaran yang menambah perbendaharaan pengetahuan manusia, karena sebelumnya kebenaran itu tidaklah diketahui. Sepanjang sejarah manusia, penemuan secara kebetulan itu banyak terjadi, dan banyak di antaranya yang sangat berguna. Penemuan secara kebetulan diperoleh tanpa rencana, tidak pasti serta tidak melalui langkah-langkah yang sistimatik dan terkendali (terkontrol).
2. Penemuan kebenaran dengan trial and error
Mencoba sesuatu secara berulang-ulang, walaupun selalu menemukan kegagalan dan akhirnya menemukan suatu kebenaran disebut cara kerja trial and error.
3. Penemuan kebenaran melalui otoritas atau kewibawaan
Di dalam masyarakat, kerapkali ditemui orang-orang yang karena kedudukan
pengetahuannya sangat dihormati dan dipercayai. Orang tersebut memiliki kewibawaan yang besar di lingkungan masyarakatnya. Banyak pendapatnya yang diterima sebagai kebenaran.
4. Penemuan Kebenaran secara spekulatif
Cara ini mengandung kesamaan dengan cara trial and error karena mengandung unsur untung-untungan dalam mencari kebenaran. Oleh karena itu cara ini dapat dikatagorikan sebagai trial and error yang teratur dan terarah. Dalam prakteknya seseorang telah memulai dengan menyadari masalah yang dihadapinya, dan mencoba meramalkan berbagai kemungkinan atau alternatif pemecahannya.
Cara ini mengandung kesamaan dengan cara trial and error karena mengandung unsur untung-untungan dalam mencari kebenaran. Oleh karena itu cara ini dapat dikatagorikan sebagai trial and error yang teratur dan terarah. Dalam prakteknya seseorang telah memulai dengan menyadari masalah yang dihadapinya, dan mencoba meramalkan berbagai kemungkinan atau alternatif pemecahannya.
5. Akal Sehat
Akal sehat dan ilmu adalah dua hal yang berbeda sekalipun dalam batas tertentu keduanya mengandung persamaan. Menurut Conant yang dikutip Kerlinger (1973:3) akal sehat adalah serangkaian konsep (concepts) dan bagan konseptual (conceptual schemes) yang memuaskan untuk penggunaan praktis bagi kemanusiaan.
Akal sehat dan ilmu adalah dua hal yang berbeda sekalipun dalam batas tertentu keduanya mengandung persamaan. Menurut Conant yang dikutip Kerlinger (1973:3) akal sehat adalah serangkaian konsep (concepts) dan bagan konseptual (conceptual schemes) yang memuaskan untuk penggunaan praktis bagi kemanusiaan.
6. Prasangka
Pencapaian pengetahuan secara akal sehat diwarnai oleh kepentingan orang yang melakukannya. Hal yang demikian itu menyebabkan akal sehat mudah beralih menjadi prasangka. Dengan akal sehat, orang cenderung mempersempit pengamatannya karena diwarnai oleh pengamatannya itu, dan cenderung mengkambing-hitamkan orang lain atau menyokong sesuatu pendapat .
Pencapaian pengetahuan secara akal sehat diwarnai oleh kepentingan orang yang melakukannya. Hal yang demikian itu menyebabkan akal sehat mudah beralih menjadi prasangka. Dengan akal sehat, orang cenderung mempersempit pengamatannya karena diwarnai oleh pengamatannya itu, dan cenderung mengkambing-hitamkan orang lain atau menyokong sesuatu pendapat .
7. Pendekatan Intuitif
Dalam pendekatan intuitif orang menentukan “pendapat” mengenai sesuatu berdasar atas “pengetahuan” yang langsung atau didapat dengan cepat melalui proses yang tak disadari atau yang tidak difikirkan lebih dahulu. Dengan intuisi, orang memberikan penilaian tanpa didahului sesuatu renungan. Pencapaian pengetahuan yang demikian itu sukar dipercaya. Di sini tidak terdapat langkahlangkah yang sistematik dan terkendali. Metode yang demikian itu biasa disebut metode a-priori. Dalil-dalil seseorang yang a-priori cocok dengan penalaran, belum tentu cocok dengan pengalaman atau data empiris.
Dalam pendekatan intuitif orang menentukan “pendapat” mengenai sesuatu berdasar atas “pengetahuan” yang langsung atau didapat dengan cepat melalui proses yang tak disadari atau yang tidak difikirkan lebih dahulu. Dengan intuisi, orang memberikan penilaian tanpa didahului sesuatu renungan. Pencapaian pengetahuan yang demikian itu sukar dipercaya. Di sini tidak terdapat langkahlangkah yang sistematik dan terkendali. Metode yang demikian itu biasa disebut metode a-priori. Dalil-dalil seseorang yang a-priori cocok dengan penalaran, belum tentu cocok dengan pengalaman atau data empiris.
2. . Menurut
pendapat Saudara, teori mana yang
relevan di dalam aplikasinya !
Jawab:
Whitney
(1960)
3.
Contoh koheren..
Semua
mahasiswa harus mengambil mata kuliah
metode
penelitian. Amir adalah mahasiswa,oleh
karenanya
Amir harus mengambil mata kuliah
metode
penelitian
Kebenaran
Ilmiah
Contoh korespondens..
Mahasiswa A
membawa modul pada saat kuliah
metode
penelitian
Mahasiswa B
membawa modul pada saat kuliah
metode
penelitian
Kesimpulan :
Semua mahasiswa membawa modul
pada saat
kuliah metode penelitian
4. A. Pembentukan Pengertian :
Pengertian, atau lebih tepatnya disebut sebagai pengertian logis dibentuk
melalui tiga tingkatan yaitu Mengenalisis, Membanding - bandingkan,
Mengabstraksikan.
B. Pembentukan Pendapat :
meletakkan hubungan antara dua buah pengertian atau lebih. Pendapat yang
dinyatakan dalam bahasa disebut dengan kalimat, yang terdiri dari pokok kalimat
atau subjek dan sebutan atau predikat
C. Penarikan Kesimpulan atau
Pembentukan Keputusan : hasil perbuatan akal untuk membentuk pendapat baru
berdasarkan pendapat-pendapat yang telah ada
5. Teori
adalah serangkaian asumsi, konsep, konstrak, dan proposisi untuk menerangkan
suatu fenomena sosial secara sistematis dengan cara merumuskan hubungan
antarkonsep.
6.Yang
dimaksud dari Whitney (1960) adalah
seorang penelit harus mempunyai
kempuan khusus dalam arti harus daya ingat yang luas dan juga dapat bekerjasama
dalam tim sehingga mendapatkan hasil yang
bagus dan akurat dan dapat di
percaya kebenarannya.
Contohnya: Mahasiswa A membawa modul pada saat kuliah
metode
penelitian
Mahasiswa B
membawa modul pada saat kuliah
metode
penelitian
Kesimpulan :
Semua mahasiswa membawa modul
pada saat
kuliah metode penelitian
7.
Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
Penelitian kuantitatif banyak dipergunakan baik dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial, dari fisika dan biologi hingga sosiologi dan jurnalisme. Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti berbagai aspek dari pendidikan. Istilah penelitian kuantitatif sering dipergunakan dalam ilmu-ilmu sosial untuk membedakannya dengan penelitian kualitatif.
Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
Penelitian kuantitatif banyak dipergunakan baik dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial, dari fisika dan biologi hingga sosiologi dan jurnalisme. Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti berbagai aspek dari pendidikan. Istilah penelitian kuantitatif sering dipergunakan dalam ilmu-ilmu sosial untuk membedakannya dengan penelitian kualitatif.
Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.
Contohnya.
Kualitatif.
Contoh : Hubungan antara iklan dan nilai penjualannya. Dalam hal ini
hubungan interaktif, artinya makin banyak uang yang dikeluarkan maka akan
semakin banyak nilai penjualan, tetapi sebaliknya makin banyak nilai penjulan
maka alokasi dana untuk iklan juga akan semakin tinggi.
Kuantatif.
Contoh : Pengaruh iklan terhadap nilai penjualan,
artinya semakin banyak iklan yang ditayangkan maka akan semakin banyak nilai
penjualan. Iklan sebagai variabel independen ( sebab ) dan nilai penjualan
sebagai variabel dependen ( akibat )
8.
A. Keterangan inventif merupakan
sifat umum dari manusia. contohnya Seorang petani yang sederhana dapat
menemukan sesuatu dengan pengalaman
B. Keterampilan teknis adalah hasil
dari terapan dari text book untuk memecahkan masalah-masalah teknis yang
dihadapi. contohnya keterampilan yang dipunyai sarjana lulusan universitas.
C. Keterampilan teknis-ilmiah:Keterampilan
ini berjenis-jenis tingkatnya dan keterampilan yang diperoleh dapat menguasai
teknik dan cukup kemampuan ilmiah serta ackground teori dalam mengadakan
analisis.
D. Keterampilan ilmiah konseptual :
Dengan meningkatnya deraja keilmuan seseorang dan semakin dekatnya seseorang
mencapai scientific frontier of knowledge serta pengalaman yang cukup banyak,
maka sipeneliti telah memperoleh keterampilan konsepsional.
PERTEMUAN
II
1. Di bidang pendidikan, serta bidang ilmu yang
lain, metode sejarah banyak dilakukan untuk memecahkan masalah. Contohnya studi
masalah dalam pertanian, yang menelusuri masa lampau serta relevansinya untuk
masa kini dengan melihat aspek perubahan-perubahan sosial serta teknologi dapat
dilakukan dengan menggunakan metode sejarah.
2. Remain : yaitu
bahan-bahan fisis atau tulisan yang mempunyai
nilai-nilai sejarah yang terdapat tanpa suatu
kesadaran menghasilkannya untuk suatu
keperluan pembuktian sejarah.
Contohnya : alat perkakas, perhiasan
kuno, bangunan seperti piramida,canda, senjata, sendok, dll
Dokumen : yaitu laporan dari
kejadian-kejadian yang berisi pandangan serta pemikiran-pemikiran
manusia di masa yang lalu.
contohnya : buku harian, batu
bertulis, daun-daun lontar, relief-relief pada candi, surat-surat kabar,
3.A.
Penelitian sejarah komparatif :
penelitian untuk membandingkan faktor-faktor dari fenomena -
fenomena sejenis pada suatu periode masa lampau.
Contohnya : membandingkan sistem pengajaran di Cina dan Jawa pada masa
kerajaan Majapahit.
B.
Penelitian
Yuridis atau Legal : untuk menyelidiki hal-hal yang
menyangkut dengan hukum, baik hukum formal
ataupun hukum nonformal dalam masa yang lalu.
Contohnya : peneliti ingin mengetahui dan menganalisis tentang
keputusan-keputusan pengadilan akibat-akibat hukum adat
serta pengaruhnya terhadap suatu masyarakat pada
masa lampau.
C.
Penelitan Biografis : penelitian
ini, diteliti sifat-sifat, watak, pengaruh, baik
pengaruh lingkungan maupun pengaruh pemikiran
dan ide dari subjek penelitian dalam masa
hidupnya, serta pembentukan watak figur yang
diterima selama hayatnya.
Contohnya : sumber-sumber data
sejarah untuk penelitian biografis antara lain:
surat-surat pribadi, buku harian, dll.
D. Penelitian Bibliografis :
untuk mencari, menganalisis, membuat interpretasi
serta generalisasi dari fakta-fakta yang
merupakan pendapat para ahli dalam suatu
masalah atau suatu organisasi.
4. Metode survei : digunakan
untuk pemecahan masalah-masalah pendidikan termasuk kepentingan perumusan
kebijaksanaan pendidikan.
Studi kasus : mempelajari secara
intensif seseorang individu atau kelompok yang dipandang mengalami kasus
tertentu.
5. Kelemahan - kelemahan dari Studi
Kasus :
a. Studi kasus seringkali dipandang
kurang ilmiah atau pseudo-scientific karena pengukurannya bersifat subjectif
atau tidak bisa dikuantifisir.
b. Karena masalah interpretasi
subjektif pada pengumpulan dan analisa data studi kasus, maka mengerjakan
pekerjaan ini relative lebih sulit dari penelitian kuantitatif.
c. Masalah generalisasi.
d. Lebih bersifat deskriftif, studi
kasus juga dianggap kurang memberi sumbangan pada persoalan-persoalan praktis
mengatasi suatu masalah. Biaya penyelenggaraan yang relative mahal.
f. Karena fleksibilitas disain studi
kasus, ini memungkinkan peneliti untuk beralih focus studi ke rah yang tidak
seharusnya.
6. • Manusia lebih gembira bekerja
bersama-sama dan dapat mengembangkan kepercayaan terhadap diri masing-masing
serta antusias masing-masing.
• Dapat pengambilan kesimpulan yang
salah karena dapat menghindarkan bias perorangan.
• Dapat mengombinasikan keunggulan
spesifik yang dipunyai oleh masing-masing peneliti sehingga diperoleh suatu
keunggulan yang terpadu.
7. Terdapat interdependensi antara
tindakan dengan penelitian, tetapi tindakan yang dilaksanakan oleh kaum
praktisi tidak disambung dengan institusi penelitian, tetapi hanya dipandui
oleh penelitian.
8. Penelitian Deskriptif : Metode
penelitian untuk membuat gambaran mengenai kejadian., meneliti status
sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran,
ataupun suatu kelas peristiwa pada masa
sekarang
Penelitian Eksperimen :
penelitian yang dilakukan dengan mengadakan
manipulasi terhadap objek penelitian serta
adanya kontrol.
PERTEMUAN
3 DAN 4
1. Saudara
jelaskan perbedaan antara wawancara dengan
percakapan sehari-hari !
2. Saudara jelaskan
kualifikasi dari pewawancara !
3. Apakah perbedaan mendasar
antara kuesioner dengan skedul ?
4. Saudara buat 5 (lima)
contoh masing-masing untuk Pertanyaan Terbuka dan untuk Pertanyaan
Tertutup !
5. Saudara
jelaskan apa perbedaan antara sistem
library of congress dengan sistem dewey decimal !
6. Ada 16
(enam belas) sumber bacaan yang ada
di perpustakaan. Saudara jelaskan definisi dari masing-masing
sumber tersebut .
7. Saudara jelaskan perbedaan
antara Off Print , Reprint dan Recent Advances !
8. Saudara cari
sebuah jurnal di world wide web yang
berkaitan dengan Manajemen Informatika dan Komputer dan buat executive
summary nya !
9. Salah satu
karakteristik penelitian kualitatif adalah lebih
mementingkan proses daripada hasil. Saudara jelaskan kenapa demikian !
10. Menurut pendapat
Anda, kenapa di dalam penelitian kualitatif
desain penelitian bersifat sementara, dalam arti disesuaikan dengan
kenyataan dan kondisi yang ditemukan di lapangan ?
JAWABAN
PERTEMUAN 3 DAN 4
1. wawancara adalah proses
percakapan yang berbentuk tanya jawab dengan tatap muka,
wawancara adalah suatu
proses pengumpulan data untuk suatu penelitian. Beberapa hal dapat membedakan
wawancara dengan percakapan sehari-hari adalah antara lain:
• Pewawancara dan responden biasanya
belum saling kenal-mengenal sebelumnya.
• Responden selalu menjawab
pertanyaan.
• Pewawancara selalu bertanya.
• Pewawancara tidak
menjuruskan pertanyaan kepada suatu jawaban, tetapi harus selalu bersifat
netral.
• Pertanyaan yang ditanyakan
mengikuti panduan yang telah dibuat sebelumnya. Pertanyaan panduan ini
dinamakan interview guide.
2. a.Menguasai permasalahan
b. Memiliki kemampuan berhubungan
dengan orang lain (human relation)
c. Memiliki kemampuan berempati
d. Memiliki ketrampilan
berkomunikasi lisan, termasuk body languade
e. Memiliki kemampuan untuk bersikap
friendly
f. Memiliki kemampuan untuk
mendengar
g. Mampu bersikap rendah hati. Mampu
mengendalikan diri
3. • Kuesioner : daftar pertanyaan
yang ditujukan kepada responden dan diisi sendiri oleh responden.
• Schedule daftar pertanyaan
2. Schedule : daftar pertanyaan yang ditujukan
kepada responden dan diisi oleh si pewawancara atau si peneliti sendiri.
4. * Pertanyaan terbuka :
- Mengapa anda suka olahraga sepak
bola ?
- Kapan saja anda bermain sepak bola
?
- Mengapa anda malas belajar ?
- Kapan saja anda belajar ?
- Pelajaran apa yang kamu sukai ?
* Pertanyaan tertutup :
- Apakah anda setuju tentang
pendapat saya ?
- Apakah ini barang punya anda ?
- Kamu sudah sholat ?
- Menurut kamu jawaban ini benar
tidak ya ?
- Kamu suka olahraga sepak bola ?
5. • Sistem Library of Congress ( LC
) : cabang Ilmu pengetahuan dibagi Pada Sistem LC, cabang Ilmu pengetahuan
dibagi atas 20 golongan besar yang simbolnya ditentukan dengan huruf.
• Sistem Dewey Decimal ( DD ) cabang
Ilmu pengetahuan di bagi atas 9 jenis ditambah 1 jenis pengetahuan yang
bersifat umum dalam kelas besar dinyatakan dengan 3 buah angka.
6. a. Buku teks : Merupakan tulisan ilmiah yg dijilid rapi yg
diterbitkan dengan interval yang tidak tentu. Buku teks berkenaan dengan
suatu bidang ilmu yg isinya menyeluruh dan biasanya digunakan sebagai buku
wajib dalam mata kuliah tertentu.
b. Jurnal
: Merupakan majalah ilmiah yang berisi tulisan ilmiah atau hasil-hasil seminar
yg diterbitkan oleh Himpunan Profesi Ilmiah. Biasanya terbit sekali tiga bulan
atau 3 – 4 jilid setahun.
c. Periodical
: Merupakan majalah ilmiah yg diterbitkan secara berkala oleh lembaga-lembaga
baik pemerintah atau swasta yg berisi hasil penelitian yg dikerjakan. Banyak
periodical yang diterbitkan oleh perguruan tinggi.
d. Yearbook
: Merupakan buku mengenai fakta-fakta, statistik ataupun membahas suatu masalah
bidang ilmu yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah atau swasta setiap tahun.
e Bulletin
: Merupakan tulisan ilmiah pendek yang terbit secara berkala yang berisi
catatan-catatan ilmiah ataupun petunjuk-petunjuk ilmiah tentang satu
kegiatan operasional. Biasanya dikeluarkan oleh Lembaga Negara ataupun
Organisasi Profesi Ilmiah. Tiap buletin berisi satu artikel mengenai hasil
penelitian yang sering disebut “Contribution”.
f. Circular
: Merupakan tulisan ilmiah pendek dan praktis biasanya dikeluarkan oleh lembaga
negara atau swasta seperti Universtias, lembaga riset, dinas-dinas dan
sebagainya dengan interval tak tentu.
g.
Leaflet : Berisi karangan kecil yang sifatnya ilmiah praktis. Diterbitkan oleh lembaga-lembaga negara atau swasta dengan
interval yang tidak tetap.
h.
Annual Review : Berisi ulasan-ulasan tentang literatur yang telah
diterbitkan selama masa setahun atau beberapa tahun yang lampau. Dalam
menggunakan Annual Review, carilah dari terbaru kemudian mundur ke jilid-jilid
sebelumnya.
i. Off
Print : Suatu artikel ilmiah yang terlepas dari majalah atau buku teks dan dikirimkan ke perpustakaan.
j.
Reprint : Artikel yang telah dimuat dalam satu majalah ilmiah dan dicetak ulang
oleh penerbit secara terpisah dan diberi sampul.
k.
Recent Advances : Sejenis majalah ilmiah yang berisi artikel-artikel yang
tidak diperoleh dalam Review Journals.
l.
Bibliografi : Buku yang berisi judul-judul artikel yang membahas bidang
ilmu tertentu. Dalam buku tersebut diberikan judul, pengarang,
tahun penerbitan, nama penerbitan serta halaman dari sumber dimana artikel
tersebut dimuat.
m. Handbook : Buku kecil yang
diterbitkan oleh lembaga negara atau swasta yang biasanya berisi
petunjuk-petunjuk tentang suatu masalah tertentu atau tentang suatu
fenomena yang bersifat umum.
n. Manual : Buku petunjuk mengenai
tata cara melakukan sesuatu secara terperinci. Biasanya mengenai suatu masalah
praktis, baik dalam mengukur, malakukan maupun memakai sesuatu secara benar.
o. Review Journal Majalah ilmiah
yang berisi artikel-artikel yg dipersingkat dalam suatu cabang pengetahuan dan
diterbitkan secara berkala. Singkatan artikel tersebut bukan saja berisi
ikhtisar dari hasil penemuan tetapi dimulai dari masalah termasuk metode
penelitian.
p. Abstract Journal: Majalah ilmiah
yg berisi singkatan atau ikhtisar dari artikel-artikel dari jurnal-jurnal
terbaru. Artikel singkatan berisi judul, metode serta kesimpulan. Contoh:
Biological abstract (terbit sejak tahun 1926), Field Crops abstract
(terbit sejak 1939), Plant Breeding abstract (terbit sejak 1930), International
Abstract of Biological Sciences (terbit sejak tahun 1956).
7. * Off Print : Suatu
artikel ilmiah yang terlepas dari majalah atau buku teks dan dikirimkan ke
perpustakaan.
* Reprint : Artikel yang telah
dimuat dalam satu majalah ilmiah dan dicetak ulang oleh penerbit secara
terpisah dan diberi sampul.
* Recent Advances : Sejenis majalah
ilmiah yang berisi artikel-artikel yang tidak diperoleh dalam Review Journals.
8. create by palbeno.blogspot.com
create by palbeno.blogspot.com .
http://www.almady.web.id/2012/12/menyusun-eksekutif-summary-yang-baik.html
9. Lebih mementingkan proses
dari pada hasil ; Penelitian kualitatif lebih mementingkan proses dari pada
hasil. Hal ini disebabkan oleh hubungan bagian-bagian yang sedang diteliti akan
jauh lebih jelas apabila diamati dalam proses.
10. Desain bersifat sementara;
Penelitian kualitatif menyusun desain yang secara terus menerus
disesuaikan dengan kenyataan di lapangan. Jadi tidak menggunakan
desain yang disusun secara ketat dan kaku sehingga tidak dapat diubah lagi.
PERTEMUAN
5 DAN 6
1. Saudara baca
dan pahami buku panduan KKP dan TA
dari Website Ruang
Mahasiswa BSI
2. Saudara buat
Outline dari KKP dan TA serta
tentukan permasalahan dan
tema yang akan
Saudara jadikan Permasalahan Pokok dari KKP
dan TA
Saudara
3. Saudara buat Bab demi
Bab sesuai dengan Buku Panduan KKP dan TA
4. Pahami dan cari perbedaan mendasar
antara KKP dengan TA
5. Saudara
tetapkan buku referensi yang nantinya akan
dijadikan Sumber
Referensi dalam menulis KKP dan TA
JAWABAN
PERTEMUAN 5 DAN 6
4. Kuliah Kerja Profesi (KKP) adalah
salah satu bentuk aktivitas pendidikan tinggi untuk pengembangan profesi
mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat dengan cara mahasiswa
tinggal beradaptasi dan diterima masyarakat agar dapat bersama-
sama mendorong dan melakukan
perubahan perilaku dalam menangani masalah yang dihadapi berdasarkan
keprofesian yang sedang ditekuni mahasiswa dengan memperluas akses pada
berbagai institusi yang relevan
Tugas Akhir (TA) adalah hasil
tertulis dari pelaksanaan suatu penelitian, yang dibuat untuk
pemecahan masalah tertentu dengan menggunkan kaidah-kaidah yang berlaku dalam
bidang ilmu tersebut.
Regards : Admin
Yang pengen konsultasi skripsi dan tesis silahkan kunjungi http://www.solusiriset.asia
BalasHapus