Selamat datang

Senin, 21 April 2014

 20.04      1 comment


http://bambangchezka.blogspot.com/2014/04/5-langkah-awal-untuk-sukses-dalam-kkp.html
KKP atau kuliah kerja praktek merupakan salah satu fase yang harus Anda tempuh sebelum mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Aturan dan bentuk KKP di setiap perguruan tinggi cukup beragam, namun pada umumnya dengan tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu yang sudah didapatnya di perkuliahan. Di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, KKP diarahkan agar mahasiswa dapat membuat suatu aplikasi, program atau sistem yang dapat bermanfaat bagi tempat risetnya (umumnya berupa perusahaan, organisasi, institusi).
Kenyataan yang sering terjadi, tidak semua mahasiswa dapat menyelesaikan KKP-nya dengan baik dan tepat waktu. Seringkali mendapatkan nilai yang pas-pasan (baca:asal lulus), bahkan ada juga yang gagal dan harus mengulang di semester berikutnya. Agar tidak terjadi hal demikian, mahasiswa perlu membuat suatu langkah strategis dalam mengerjakannya. Berikut ini 5 (lima) langkah awal (dasar) untuk sukses dalam KKP. Semoga bermanfaat, terutama bagi rekan-rekan mahasiswa yang sedang menjalani masa KKP.

Langkah 1. Tentukan topik KKP

confusedTopik KKP merupakan hal pertama yang harus dimiliki seorang mahasiswa pada saat merencanakan untuk mengajukan KKP. Pemilihan topik KKP pada dasarnya sangat menentukan bagaimana KKP akan dikerjakan, seberapa lama, ruang lingkupnya serta komplektivitas KKP. Lalu seperti apakah topik KKP yang baik itu? Berikut ini beberapa tips pemilihan topik KKP, termasuk pemilihan tempat riset KKP:
  1. Perhatikan ruang lingkup dari topik yang akan dipilih, karena ruang lingkup topik akan menentukan seberapa lama dan seberapa sulit dalam menyelesaikan KKP. Ingat bahwa KKP memiliki batasan waktu (di Universitas Budi Luhur selama 6 bulan kalender) sehingga ruang lingkup yang terlalu besar dapat menyebabkan KKP tidak selesai pada waktunya. Sebaliknya, topik yang terlalu kecil akan mengecilkan juga nilai dari KKP tersebut. Jika kamu ragu dengan ruang lingkup KKP yang kamu pilih, konsultasikan dengan dosen pembimbing segera.
  2. Pilih topik KKP yang sederhana namun aplikatif. Sebenarnya topik KKP tidak harus sesuatu yang hebat, namun yang lebih penting adalah apakah hasil dari KKP nantinya dapat diaplikasikan di tempat riset. Tujuan KKP diselenggarakan oleh pihak universitas adalah agar mahasiswa dapat mempraktekkan ilmunya secara langsung di masyarakat dan sebaliknya masyarakat (atau perusahaan) juga dapat terbantu dengan adanya mahasiswa KKP tersebut. Jadi percuma saja jika sistem atau aplikasi KKP yang dikerjakan pada akhirnya tidak dapat diimplementasikan. Contoh sistem yang kurang aplikatif adalah membuat sistem penjualan berbasis SMS di sebuah toko retail kebutuhan sehari-hari (seperti Indomart, Alfamart), dimana pembeli lebih nyaman datang langsung ke toko. Sistem tersebut akan sulit diimplementasikan karena para pelanggan tentu tidak akan mau mengeluarkan biaya untuk memesan barang lewat sms, belum lagi harus mendapatkan informasi barang beserta stocknya. Sistem penjualan tersebut tentu akan lebih aplikatif jika kita terapkan di sebuah toko online yang menjual suatu produk yang spesifik, misalnya produk modem.
  3. Pilih tempat riset KKP yang terjangkau. Terjangkau disini baik dari sisi tempat, akses terhadap data yang diperlukan serta kemudahan akses terhadap pihak-pihak terkait. Akan lebih baik lagi, terdapat orang atau pihak yang sudah kita kenal dengan baik di dalam tempat riset. Hal ini akan memudahkan kita dalam komunikasi dan mendapatkan informasi yang diperlukan mengenai tempat riset. Saya pernah membimbing mahasiswa KKP yang mengambil tempat riset di Pemalang. Pada waktu menjelang sidang KKP, mahasiswa saya tersebut agak kesulitan dalam mendapatkan surat selesai riset, karena memang tempatnya cukup jauh. Saya juga pernah membimbing mahasiswa yang mengambil KKP di tempat riset yang memiliki akses data yang terbatas sehingga cukup menyulitkan dalam mendapatkan data yang diperlukan.
  4. Pilih topik yang unik, bukan topik yang sudah banyak dipilih (umum). Hal ini cukup penting agar KKP kita mendapat apresiasi (penghargaan) lebih dari dosen pembimbing maupun penyidang sehingga pada akhirnya mendapat nilai yang baik. Saya pribadi sebagai pembimbing maupun penyidang KKP merasa cukup bosan dengan topik KKP seperti sistem penjualan, pembelian, perpustakaan maupun penerimaan siswa baru. Keempat sistem tersebut sebaiknya dihindari, karena terlalu umum. Boleh saja memilih sistem tersebut, namun tambahkan suatu nilai lebih dalam sistem Anda, misalnya sistem yang lebih cepat, lebih user-friendly dsb. Diluar keempat sistem tersebut, masih banyak topik lain yang dapat dipilih, seperti HRD, penggajian, DSS, SMS Gateway, GIS, dsb.
Jadi, memilih topik penelitian sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Romi Satria Wahono, founder IlmuKomputer.Com juga memiliki beberapa petunjuk jitu untuk memilih topik penelitian. Lihat disini untuk selengkapnya.

Langkah 2. Temui Dosen Pembimbing

dosenTemui dosen pembimbing KKP Anda segera. Banyak hal yang dapat didiskusikan dengan dosen pembimbing Anda, terutama dalam rangka kesuksesan KKP Anda. Selain itu, Anda juga dapat lebih mengenal dosen pembimbing dan juga sebaliknya, pembimbing juga dapat mengenal Anda. Anda juga sebaiknya bertanya mengenai tata cara dosen pembimbing dalam melakukan bimbingan, juga bagaimana dosen pembimbing dapat dihubungi. Komunikasi yang lancar antara mahasiswa dan dosen pembimbing merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan KKP. Dosen pembimbing akan membantu mahasiswa yang rajin melakukan bimbingan, baik dalam proses pengerjaan KKP maupun dalam sidang nantinya.
Materi atau topik KKP yang Anda pilih juga dapat didiskusikan dengan pembimbing di awal. Tujuannya agar pembimbing mengetahui dengan baik apa yang Anda kerjakan. Pembimbing biasanya juga akan memberikan saran atau masukan mengenai sistem atau topik yang Anda pilih. Mungkin beberapa tips dari pembimbing akan mempermudah Anda mengerjakan KKP.

Langkah 3. Pelajari Panduan KKP

Panduan KKP dibuat agar mahasiswa mendapatkan petunjuk yang jelas mengenai bagaimana mengerjakan KKP, termasuk mengenai aturan penulisan, materi KKP, sampai bagaimana aturan pengumpulan KKP. Segera download dan kalo perlu cetak panduan KKP versi terbaru (di FTI Universitas Budi Luhur panduan KKP dapat didownload di http://fti.bl.ac.id). Pelajari secara detil petunjuk yang dituangkan dalam panduan tersebut, dan jika merasa belum jelas segera tanyakan atau konsultasikan dengan dosen pembimbing KKP.

Langkah 4. Atur Strategi dan Buatlah Target

targetStrategi sangatlah penting dan menentukan keberhasilan suatu pekerjaan, termasuk KKP. Memang secara teoritis, waktu mengerjakan KKP adalah 6 (enam) bulan, namun perlu diingat bahwa pada kenyataannya akan kurang dari 6 bulan.
Seperti diketahui bahwa terdapat 2 (dua) hal pokok yang harus dikerjakan dalam KKP, yaitu dokumentasi (ketikan) dan program. Agar keduanya dapat diselesaikan tepat waktu, buatlah strategi untuk mengoptimalkan pekerjaan. Misalnya, dengan membuat pembagian tugas untuk masing-masing anggota kelompok KKP. Antara dokumentasi dan program sama pentingnya. Keduanya juga saling berhubungan dan harus sinkron satu dengan yang lainnya, misalnya dalam hal struktur basis datanya. Kerjasama dan komunikasi yang efektif antar anggota kelompok KKP sangat diperlukan. Oleh karena itu, jika akan mengajukan KKP pilihlah anggota kelompok KKP yang mudah bekerja sama, bertanggung jawab dan tidak ada masalah dengan komunikasi.
Setelah pembagian tugas dilakukan, lalu buatlah target untuk mengontrol pekerjaan KKP Anda. Carilah informasi ke dosen pembimbing mengenai kapan waktu sidang KKP akan berlangsung. Usahakan buat target minimal sebulan sebelum waktu pendaftaran sidang, semua dokumentasi dan program KKP sudah siap (selesai). Selain target besar, buatlah target-target kecil dengan membagi pekerjaan KKP menjadi sub-pekerjaan yang lebih kecil. Buatlah tabel berisi sub-pekerjaan dan target waktunya. Dan jika diperlukan dan Anda cukup mengerti, buatlah sebuah Ganchart dengan MS Project atau software lainnya.

Langkah 5. Kerjakan! Tunggu Apa Lagi !?

Apalagi yang Anda tunggu? Kerjakanlah! Jangan menunda pekerjaan walaupun itu sedikit atau mudah. Mulailah mengerjakan apa yang Anda bisa kerjakan. Bisa Anda mulai dengan mengerjakan Bab I (pendahuluan) atau bahkan bisa Anda mulai dengan Bab V (kesimpulan). Bisa Anda mulai dengan membuat rancangan program atau bisa Anda mulai dengan membuat struktur database aplikasi. Ingat resep 3M ala Aa Gym, Mulai dari hal kecil, Mulai dari diri sendiri dan Mulai dari sekarang!
Semoga bermanfaat

1 komentar:

Notice

DI Larang Keras Comment dengan Kata-Kata Kasar atau berbau Porno,Maka Kami akan menindak dengan Keras!

pasang iklan mu di sini

go to www.loogix.com

Translate

Like FanPage Kami

Popular Posts

Date And Time

Arsip dan Kumpulan Berita


101.Coming Soon!

100. 40 Tahun Bajaj Jakarta

99.Modus Penipuan Baru Transfer Via ATM/Internet Banking Tanpa Kita Sadari

98.7 Tipe Karyawan yang Dibenci Atasan.

97.Membuat Handphone Proyektor Biayanya bahkan hampir"GRATIS"

96.Software yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Masuk Dunia Kerja.

95. Genre Anime Berserta Penjelasanya

94. Lima Alasan Blackbox AirAsia QZ8501 Harus Ditemukan

93.Ini Karakter Yang Akan Muncul Di Stand By Me Doraemon

92.[Keren] Burung-Burung Ini Terbuat Dari Lego.

91.Tukang Kayu Peniru Buggati Asal Jawa Ini Ramai Di Beritakan.

90.[ IMUT + LUCU ] 25 Anime Tahun 90-an Terfavorit di hari minggu.


89.[UNIK] Yang Harus Diperhatikan Saa Naik Kereta Api di Jepang.

88. Pengendara Motor Yang Tak Menggunakan Helm SNI

87. Cara Sehat Menggemukan Badan

86.Penampakan Hewan Hewan Kecil Setelah Di Perbesar yang ada di sekitar Manusia

85.Cek Tagihan PLN ONLINE

84. 9 Komik Terbaik Indonesia

83.Foto Foto Yang Menggambarkan kalau Dunia Ini Penuh Sesak.

82.Proses Pembuatan Replika Makanan

81. Suka Dukanya Menjadi Seorang Penulis / Writer

80.7 Ilmuan Indonesia " Lebih Terkenal di luar negeri"

79.Transformer Indonesia

78.10 Janji Pada Diri Sendiri Yang Sepatutnya Kamu Tepati.

77.Google Juga Perkenalkan Nexus Player

76.Pernikahan : ini 6 Alasan Wanita Semakin Enggan Untuk Menikah

75.Pebesar Bisnis Dengan Kolaborasi.

74.Nikmati Tidur di Bantal Unik, Bisa Buat Kepalamu "Bergetar" #Lho

73. Surat Terbuka untuk Wanita yang kupanggil"IBU"

72.Masa Sekolah Dasar Tahun 90an.

71.Tempat Paling Enak Buat Naik Sepeda di Jakarta

70. 7 Alasan Seseorang Menjadi Penggemar Anime Cartoon.

69. Pepaya Dapat Membuat anda Lebih Cantik, ini Langkahnya !

68.Panduan Sederhana Tentang bagaimana Cara Merawat Batu Cincin/Permata.

67.Aribixs Ciptakan Android Sakti yang bisa Melengkung.

68.Pelemahan Rupiah Terburuk di Asia.


67.Ketentuanya jual-Beli Tanah.

66.Mencoba Bis Tingkat Wisata City Tour Jakarta ?

65. Tiket Elektronik ala TransJakarta Busway

64.Bisakah 5 Cara ini diterapkan di indonesia?

63.Suka Duka Menjadi Guru

62.Mencoba Commuter Line Transportasi Umum Indonesia ( Kereta Listrik ).

61. Cara Paling Oke Biar Motor Engga Kemalingan

60. 5 Manfaat Melepas Bra Saat Tidur

59.Project Ara HandPhone PhoneBlok From Motorolla Di awal Tahun 2015

58.Rupiah Bergerak pada Level Rp.11.693 Per Dollar AS

57. Masa Depan Menurut Anak-anak : Rusaknya Alam Kalimantan.

56.Stasiun Pengisian Gas Kini ada di waduk Pluit.

55.Penyebab Dan Cara mengatasi Rambut Rontok ?

54.Tips Memilih buah Segar Dan enak untuk di konsumsi ( 6Buah yang sehat da enak DiKonsumsi )

53.Ahok : Tahun Depan ,BBM Subsidi 'Hilang di jakarta'

52.Ketua MK ancam usir keluar saksi Prabowo-Hatta.

51.Kepala Bappenas sebut kualitas pendidikan anjlok.

50.Wagub : Siswa Tidak Wajib Pakai Pakaian Betawi

49.Pemakai Jilboobs seksi karena masih ingin di kagumi pria?

48.Uang NKRI Diluncurkan 17 Agustus 2014.

47.Mr.Prabowo Bilang Kampretkah ? saat Debat Capres 2014

46. 5 Kemiripan Koruptor Dengan Tikus

45.Jadwal SIM & STNK Keliling Sabtu, 17 Mei 2014

44.Prose Pembuatan Baru,Bagi STNK yang hilang.

43.Tips agar anda bertahan hidup di kota jakarta

42.5 Langkah Awal untuk Sukses dalam KKP

41.[Share] Unsealed Charm / Generator [RF-ONLINE]

40.Prediksi Soal dan Pembahasan SMA/SMK/MA B.Indonesia & Matematika UN 2014

39.Pelajar Jaman Sekarang April 2014

38.Pemprov DKI Kaji Ubah Jam Masuk Sekolah kurangi Kemacetan

37.Payudara yang sering di remas lebih sehat dari pada yg di angurin

36.Jawaban Lembaran Tugas LTM Metode Penelitian 3 sks

35.Mahasiswi Kedokteran Lelang Keperawanan di Internet

34.WASPADALAH !!! PENGAKUAN MENGEJUTKAN ALASAN KENAPA BANYAK PENGENDARA MOTOR TEWAS TERLINDAS MOBIL TRUCK MAUPUN BIS !!

33.Beberapa Hak Penumpang Jika Pesawat Delay

32."Cinta Berujung Maut" Ade Sara Meninggal dibunuh Pasangan

31.Solusi Gagal Login ( Delphine eror ) Di COBA Dulu Gan !

30.Berapakah Gaji DPR per-bulan nya ?

29.Akibat Pergaulan Bebas Anak SMA Nekat ABORSI

28.Kekejaman terhadap polisi [VIDEO]

27.Syarat Ketentuan membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK)

26.Permainan Jaman Dulu Tahun 90-2000 an

25.Tutorial cara memasang like button facebook di blog

24.Jangan sekali-kali klik gambar ini di Facebook!

26.
Farhat tak punya pilihan capres, ingin dia jadi presiden

25.
Mau Tahu Berapa Tarif Resmi Bikin SIM? Ini Harganya

24.
Cara membuat partisi hardisk di windows 7

23.Identitas Anak Warnet

22.Sale DVD Video's JKT48 Version Anime

21.Biodata Pemesanan

20.Kumpulan Lagu Barat Galau Sedih Dan Enak Di Dengar

19.10 hal yang seorang gadis lakukan di kereta yang membuat kalian jatuh cinta

18.Panduan Agar Makanan Tidak Terkontaminasi Tikus dan Kecoa

17.BlackBerry kini nomor tiga di Indonesia, dikalahkan bintang baru Smartfren Andromax

16Video HABIB Tampar Ustadz & Sebut BAPAK IBU nya ANJING !!

15.Aiyaaa! - JK feat. Jokowi, Abraham Samad, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo...

14.Tangga Semester Versi Perkuliahan

13.Wifi ID Hack

12.Umur Windows XP hanya tinggal 95 hari lagi

11.Fenomena `Cabe-cabean`, Ini 10 Kategori Gadis Cabe-cabean

10.Kontak Jodoh kamu di sini

9.Kalender UNIK pada Tahun 2014

8.Mereka Sedang Merekam apa?

7.Merasa kesepian? Mampir aja ke Taman Jomblo di Bandung

5.Diam-diam Pertamina naikkan harga gas elpiji 12 kg

4.10 Lagu Anak-anak Terpopuler Jaman Ane SD (Thn 90-an)

3.JAKARTA 600 Kg ranjau paku terjaring di kawasan Roxy

2.Pengertian Blogroll Dan Cara Memasang Blogroll Pada Blog

1.Dapatkah seorang wanita menceraikan suaminya karena suaminya adalah Wota?

Maintenance

Comming Soon....















Get this widget!




Beberapa Artikel